Kamis, 23 Agustus 2012

Perjalanan masuk SMAN 6 Palembang


16 Februari 2012
Hari itu adalah hari pertama dibuka pendaftaran siswa baru di SMAN 6 Plg, saya dan teman-teman berencana mendaftar bersama-sama. Sebelum daftar, saya telah lebih dulu mempunyai brosur SMAN 6  yg saya dapatkan dari kakak saya. Saat melihat brosur itu, saya agak gemetar, dan berpikir "Bisakah saya sampai pada Pendaftaran Ulang Siswa Baru?". Saya pun telah menyiapkan segala sesuatu yang disyaratkan. Di sekolah, sekitar pukul  10.00, temen-teman saya mengajak ke SMAN 6 untuk mendaftar, tetapi saat itu saya belum punya foto yang diminta untuk pendaftaran. Jadilah, teman-teman saya duluan pergi, dan setelah ayah ibu saya mengantar foto itu saya pergi sendiri ke SMAN 6 sendiri. Kebetulan jarak SMP saya dengan SMAN 6 tidak terlalu jauh. Sebenarnya saya diharuskan pergi bersama teman-teman, tetapi karena teman-teman telah pergi, jadi saya berjalan sendiri. Di perjalanan, dada saya sesak, entah apa, tetapi saya rasanya senang sekali bisa ke SMAN 6, walaupun siang itu sangat terik, saya putuskan untuk berjalan kaki, tidak dengan kendaraan apapun. Sesampainya di SMAN 6, saya langsung mengisi formulir, dan tak lama kemudian proses daftar telah selesai. Nomor test saya : 060036.  


26 Februari 2012
TEST 1 : Tes Potensi Akademik
Hari itu, pagi-pagi sekali saya sudah menyiapkan segal barng-barang untuk test dengan rapi. 26 Februari 2012 adalah hari minggu. Hari-hari sebelumnya saya telah belajar, cukup intensif. Mulai dari belajar di bimbel, bersama teman, bersama guru privat saya, dan belajar sendiri. Bahkan, malam sebelum test, saya tidur pukul 11.30 malam. Oke, pukul 07.00 pagi, saya sudah di SMAN 6, saya bertemu banyak teman-teman, termasuk teman dari SD. Pukul 07.30, test dimulai, saya di Ruang2. Test berakhir pkl 10.00, dilanjutkan dgn istirahat. Saat tes, saya yakin dengan jawaban, tetapi saat bagian matematika, saya banyak yang bingung, bahkan saya ingin menangis begitu keluar dari ruang tes. Yang awalnya ingin jajan, saya batalkan gara-gara bad mood. tapi saya berpikir, kalau di matematika tadi nilainya mungkin kecil, saya akan maksimalkan pelajaran lainnya. Alhamdulillah, sesi 2 pukul 10.30-13.30, saya merasa cukup pede dengan jawabannya. Waktu koreksi selama 3 hari, 27-29 Feb 2012. Sedangkan pengumuman tanggal 2 Maret 2012.


2 Maret 2012
2 Maret 2012, saya kira teman-teman juga deg-degan, bahkan terbayang saat tidur. Sebelumnya, saat ibu saya bertanya tentang kelulusan tes, saya hanya menjawab kurang yakin dengan ekspresi memelas. Saya bahkan berpikir tidak mungkin bisa masuk rank. 50 besar, padahal kata kakak saya, jika masuk 50 besar insya Allah terjamin lulus sampai tahap akhir. Di sekolah... keadaan tak tenang, sedikit-sedikit krasak-krusuk,  apakah hasil tes sudah keluar?. Nah, sekitar pukul 11.00, ternyata hasil tes sdh bisa diakses di internet. Maka, bergegaslah kami semua membuka internet. ALHAMDULILLAH, betapa senangnya saya lulus tes SMAN 6 tahap 1. Saya dan teman-teman bersujud syukur kepada Allah SWT, penghendak segala yang terjadi di bumi Nya. Suasan campur aduk, ada yang senang, tapi ada juga yang sedih karena tidak lulus. Saya sendiri menangis karena 2 alasan, pertama ketika mengetahui saya lulus, saya menangis bahagia. Kedua, melihat teman saya yang tidak lulus, menangis sedih dan menghibur dia. Dan yang paling mengejutkan saya adalah, saya ranking 50. SUBHANALLAH! Ranking yang menurut saya tidak mungkin itu ternyata bisa saya raih. Yah, begitulah suasana kelas jadi penuh air mata dan kalimat kalimat hangat sesama teman.


10 Maret 2012
Test II : Tes Wawancara
Sampailah saya pada tes ke II. Eh, sebenarnya tes ke III, karena yg pertama itu tes dokumentasi sebelum dapat nomor tes. Alhamdulillah, saya lulus tes dokumentasi. Oke, lanjut.. Tes ke II ini adalah tes Wawancara, yang terbagi 4 materi pokok, yaitu Imtaq, Iptek, Kepemimpinan, dan Bahasa Inggris. Saya kira, tes mulai pukul 07.30, ternyata pukul 07.00, untung saya tidak terlambat :$. Saya mengikuti tes dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Saat tes wawancara saya berusaha sebaik mungkin, apa yang saya ketahui itulah yang saya utarakan. Sampai sore hari, baru tes selesai, hhh lelah... :o

14 Maret 2012
Today is surprise day! Hari ini adalah hari pengumuman hasil tahp III/ FINAL. 
Yeah, finally. Dan Alhamdulillah saya lulus SMAN 6 Palembang. Dan ranking saya meningkat, walaupun hanya beberapa tingkat, yaitu naik ke ranking 38  :$. Subhanallah Maha Suci Allah. Akhirnya apa yang saya impikan, saya usahakan dikabulkan oleh Allah SWT.

15 Maret 2012
Saya mendaftar ulang dengan ayah saya, dan setelah itu kembali ke SMPN 9 Palembang, SMP dimana saya merasa bangga menjadi bagian darinya, dan tempat bertemu dengan teman-teman yang telah melukis di kanvas hidupku :).



Terima kasih jika anda sudah membaca blog saya kali ini. 
Wassalamualaikum Warahmatullah hi wabarakatuh.
Karena blog ini saya buat saat suasan Idul Fitri, saya mengucapkan " Minal aidin wal faidzin, Mohon Maaf lahir dan bathin. Barakallahu minna wa minkum ;)"

Amrina Rosyada, created by ALLAH SWT.



5 komentar:

  1. Terharu...blognya memotivasi saya😊😊

    BalasHapus
  2. Aduh , Saya Juga Tahun Ini Mau Mendaftar Di SMA Negeri 6 Palembang kak , Rasanya cukup gugup Juga ,Mikir Nanti Lulus apa Ngak ya Jadi siswa SMA Negeri 6 .
    Setelah membaca Ceritanya Kakak, Saya Jadi Tahu Gimana Rasa yang dialami Kakak waktu Daftar Jadi calon peserta didik SMA Negeri 6 Palembang, Dan saya merasa pengalaman Kakak ini , merupakan salah satu pengalaman Kakak Yang Berharga, Karena bisa lulus dari salah satu SMA unggul Di Palembang ini , ya Kan kak?.
    Maka dari Itu Semoga Saya Juga Bisa Lulus Dari calon peserta didik SMA Negeri 6 Palembang . Amiin :3
    Akhir kata Wassalamu'alaikum.

    Muhammad Agil Fadilah
    SMP Negeri 26 Palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita harus berusaha dan berdoa untuk masuk sma yang diinginkan ak juga tahun ini daftar di sma 6
      Salam kenal:)

      Hapus
  3. Doakan saya supaya bisa lulus dan diterima di sman 6 tahun ini ya teman

    BalasHapus